Minggu pagi (9/12/2018) Tim dari NU CARE LAZISNU DIY menghadiri acara penyerahan simbolis bantuan air bersih untuk warga di kecamatan Gedangsari. Penyaluran bantuan air bersih di Gunung Kidul khususnya kecamatan Gedangsari sendiri adalah progam kerja sama anatara LAZISNU DIY dengan LAZISNU Gunung Kidul karena di dalam progam kerja LAZISNU DIY salah satunya adalah progam kebencanaan, jadi bantuan air bersih ini akhirnya di sepakati untuk di realisasikan.

“Di LAZISNU DIY sendiri, kami ada 6 progam unggulan yang di antaranya adalah Progam Ekonomi, Progam Pendidikan, Progam Kesehatan dan Progam Kebencanaan. Sementara yang dua lainnya adalah progam Qurban dan Idul Fitri” Ujar Ulin Nuha selaku Direktur NU CARE LAZISNU DIY

Sementara di acara penyerahan simbolis, bantuan air bersih sendiri merupakan tindak lanjut dari progam yang sedang berlangsung yaitu penyaluran air bersih di 6 wilayah di kecamatan Gedangsari. 6 wilayah tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Masjid Albarokah, Wungurejo, Watugajah, Gedangsari
  2. Masjid Annur, Wangon, Serut, Gedangsari
  3. Masjid Al Barokah, Mongkrong, Sampang, Gedangsari
  4. Mushola Al karim RT 01, Karanganyar, Ngalang, Gedangsari
  5. Masjid Al Ikhlas, Hargosari, Tegalrejo, Gedangsari
  6. Madrasah Nurul Hidayah, Sambeng, Ngalang, Gedangsari.

6 wilayah tersebut di pilih untuk penyaluran bantuan air bersih karena warga di sekitar lokasi penyaluran bantuan tersebut memang sangat membutuhkan.

“Di kecamatan Gedangsari khususnya di daerah Sambeng meskipun sudah hujan, tapi air masih tetap langka. Dan karena air adalah kebutuhan pokok, jadi air bersih menjadi sesuatu yang dibutuhkan warga.”
Tutur Panut Marwanto selaku sekretaris MWC Gedangsari.

Dalam hal penyaluran bantuan air bersih, masih terdapat beberapa masalah seperti akses jalan yang sulit di jangkau oleh truk tangki air dan kurangnya penampungan air bersih yang layak pakai.

“Jika di lakukan penggalian untuk pembuatan sumur maka kedalamannya minimal 40 meter. Yang menjadi masalah adalah tanah disini adalah krikil dan batu keras, sehingga menjadi kesulitan tersendiri dalam proses pengeboran” Lanjut Panut Marwanto.

Dengan adanya penyaluran bantuan air bersih, setidaknya akan memberikan manfaat yang besar bagi warga Gedangsari karena kekeringan di wilayah tersebut memang terjadi setiap tahun.

(Arief/Jurnalis LAZISNU DIY)

Yuk salurkan Zakat, Infaq dan Sedekah anda melalui LAZISNU D.I Yogyakarta, klik link ini: Donasi Online

Atau donasi manual, lewat rekening dibawah ini:

Transfer ke nomor rekening a/n LAZISNU DIY :
ZAKAT
BCA : 8020 99 1926
Mandiri : 137 000 1926 99 3
BPD DIY Syariah : 801 211 001536
.
INFAQ
BCA : 8020 88 1926
Mandiri : 137 000 1926 88 6
BRI : 0245 01 007146 53 4

GO-ZIS (layanan jemput ZIS) :
☎  Hubungi Call Center :
0811 360 1926

Please follow and like us:
Follow by Email
Facebook
Facebook
Instagram
Chat WA Kami